Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Easiest Way to Make Appetizing Semur Jengkol Khas Betawi

Semur Jengkol Khas Betawi. Temukan Juga Manfaat Jengkol Buat Tubuh Serta Tips Mengolahnya Supaya Tidak Bau di Mulut. Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang biasanya dijadikan lauk pendamping nasi uduk. Pada resep ini, jengkol diolah hingga lembut.

Semur Jengkol Khas Betawi Resep Semur Jengkol Khas Betawi Sederhana Spesial Asli Enak. Masih di dunia perjengkolan yang lezat, kali ini "jengkoler" kita masak semur jengkol asli lembut resepnya berbeda dengan aneka kreasi olahan rendang jengkol, gulai jengkol, kalio maupun jengkol goreng pedas, masakan semur. Semur Jengkol adalah makanan khas Betawi asli, dimana buah jengkol di proses sedemikian rupa dengan cara disemur. You can cook Semur Jengkol Khas Betawi using 24 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Semur Jengkol Khas Betawi

  1. Prepare of Bahan Rebusan Jengkol.
  2. You need of jengkol.
  3. Prepare of daun jambu.
  4. You need of daun salam.
  5. Prepare of daun jeruk.
  6. Prepare of Bumbu Halus.
  7. Prepare of cabai merah keriting.
  8. You need of cabai rawit merah.
  9. It's of bawang merah.
  10. It's of bawang putih.
  11. It's of kemiri.
  12. You need of biji pala.
  13. You need of ketumbar bubuk.
  14. Prepare of merica bubuk.
  15. Prepare of Bumbu Dapur.
  16. You need of daun salam.
  17. You need of sereh (geprek).
  18. You need of lengkuas (geprek).
  19. It's of kaldu jamur.
  20. You need of santan kara.
  21. It's of garam.
  22. You need of gula.
  23. You need of kecp bangau.
  24. You need of air.

Bila Anda berkunjung ke rumah orang Betawi, Anda pastinya akan menemukan hampir semua orang Betawi suka pada semur jengkol. Dodol betawi menjadi makanan khas Betawi yang paling diburu oleh mereka yang tak tinggal di Jakarta, biasanya para pekerja yang Disadur dari Jakarta Kita, semur jengkol merupakan makanan yang terinspirasi dari pengaruh budaya luar, yakni budaya Eropa, Timur Tengah, India, dan Cina. Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang hingga kini masih populer di masyarakat Jakarta. Meskipun makanan ini memiliki ciri khas bau dan tidak semua orang suka.

Semur Jengkol Khas Betawi step by step

  1. Didihkan air dalam wadah, kemudian masukkan jengkol, daun salam, daun jeruk, dan daun jambu biji, rebus hingga 30 menit. Angkat lalu tiriskan. (tips : rebus jengkol dengan daun tersebut dapat meminimalisir aroma khas jengkol).
  2. Geprek atau pipihkan jengkol menggunakan ulekan..
  3. Haluskan bumbu cabai, bamer, baput, kemiri, merica, ketumbar, biji pala, serai, daun salam, lalu tumis hingga matang dan masukkan jengkol yang telah dipipihkan. Tambahkan air, kecap, kaldu jamur, gula, Aduk rata hingga air menyerap lalu koreksi rasa. angkat lalu sajikan.
  4. Siap disantap dengan nasi hangat.

Pasalnya, Jengkol yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang khas menjadikan jengkol. Masakan khas betawi yang selalu menemani nasi uduk, semur jengkol khas betawi dibuat dengan proses yang lumayan panjang, tak diragukan lagi soal rasanya. Nah, makanan khas Betawi ini dibuat dari beras putih yang dicampur dengan air santan, daun jeruk, daun salam, laos, serta serai. Jangan bilang tidak suka dengan jengkol kalau belum mencoba semur jengkol khas Betawi. Resep semur jengkol - Jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Post a Comment for "Easiest Way to Make Appetizing Semur Jengkol Khas Betawi"